Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja
Abstract
Abstrak. Perkembangan perilaku prososial yang baik dengan semua orang berkaitan dengan konsep diri dan kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara konsep diri dan kecerdasan emosi terhadap perilaku prososial. Subyek penelitian ini adalah 100 siswa IPA-IPS kelas I dan II SMA Taman Harapan Malang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala konsep diri, skala kecerdasan emosi dan skala perilaku prososial yang disusun oleh peneliti. Hipotesis dianalisa dengan program SPSS 20. Hasilnya menunjukkan bahwa konsep diri dan kecerdasan emosi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku prososial di mana nilai F sebesar 0, 108 pada nilai p sebesar 0,000 (p > 0,01). Koefisien determinasi sebesar 97, sehingga hal ini berarti kedua variabel bebas (konsep diri dan kecerdasan emosi) memberikan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 97% kepada variabel terikat (perilaku prososial). Prosentase determinasi menunjukkan bahwa kecerdasan emosi lebih memberikan sumbangan efektif (0,146%) daripada konsep diri sebesar (-.456%).
References
Asih & Margareta.(2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi.Jurnal Psikologi, 1 (1).
Asih, G.Y., & Pratiwi, M.M.S. 2010.Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi.Jurnal Psikologi Universitas Maria Kudus. Vol.1, No.1, Desember 2010 (33-42).
Arbadiati, C & Kurniati, T. (2007). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Problem Focused Coping pada Sales. Pesat, Vol. 2 No.2.
Azwar, S. (2011).Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Baron,&Byrne, D. (2005).Psikologi Sosial. Edisi Kesepuluh. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Carlo, R & Randall, B.A.(2002). The Development of a Measure of Prosocial Behavior for Late Adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 31, 1
(Februari,2002), pp. 31-44.
Dayakisni, T & Hudaniah.(2003). Psikologi Sosial. Edisi Revisi Malang: UMM Press.
Eisenberg, N., Guthrie, I.K., Murphy, B.C., Shepard, S.A., Cumberland, A & Carlo, G. (2006). Consistency and Development of Prososial Dispositions: A Longitudinal Study. Child Development, 70:1360-1372.
Faturochman & Pratikto, P. (2012). Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orangtua Demokratis dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1. No.2. September 2012.
Gerungan, W.A. 2000.Psikologi Prososial. Bandung: PT, Refika Aditama.
Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Widodo. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset, 2000.
Haryati, T.D. (2013). Kematangan Emosi, Religiusitas dan Perilaku Prososial Perawat di rumah Sakit. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia.Vol.2. No. 2.162-172.
Mappiare, A., 2004, Psikologi Remaja.Surabaya: Usaha Nasional.
Mathews, G., Zeidner M. & Roberts, R.D. (2002). Emotional Intelligence: Science and Myth Massachusetts: The MTT Press.
Miraningsih, W. (2013). Interaksi Sosial dan Konsep Diri. Jurnal Universitas Negeri Semarang, April.
Pratikto Herlan. (2012). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa, Kematangan Emosi, Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 2, No. 1, hal Delapan.
Ramdhani Neila. (1996). Perubahan Perilaku dan Konsep Diri Remaja yang Sulit Bergaul Setelah Menjalani Pelatihan Ketrampilan Sosial. Jurnal Psikologi. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. No. 1, hal 13.
Rufaida, A.F. (2009). Hubungan Antara Tingkat Kematangan Emosi dengan Tingkah Perilaku Prososial pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.Skripsi.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rusmawati, Widodo. (2004). Diskrepansi Konsep Diri Ideal dan Kreaativitas pada Remaja. Jurnal Psikologi. UNDIP. Vol Satu, No. Satu, hal 59.
Sabiq, Zamzani & Djajali, M.As’ad (2012). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia.Vol. 1.No. 2. Hal.53-65. September 2012.
Salovey, P. (2007). Emotional Intelligency: Key Reading On The Mayer and Salovey Model. Port Chester. New York, pp: 1- 18.
Santrock, J.W. (2007). Remaja.Edisi kesebelas.Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sears, O.D., Feedman, A & Paplau, A.L. (2003).Psikologi Sosial.Jilid dua. Jakarta: Erlangga.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Smith, D.J.& Blackwood, D.H.R. (2004). Depression a young adults.Psychiatri Buletin. United Kingdom: University of Edimburgh. no. 10, pp: 2-14.
Sudjiwanati. (2008). Gaya hidup, konsep diri, dan self esteem. Jurnal Psikovidya.Vol. 12. No. Dua.
Suparno, Eka Setiawati. (2010). Gaya Hidup dan Konsep Diri. Indigenus Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi d.h. Kognisi. Vol. 12, No. 1, hal 55.
Verstraeten, K., Vasey, M., Raes. F. & Bijttebier P. (2008). Temperament and risk for depressive symptoms in adolescence: mediation by rumination and moderation by effortful control. Journal of Abnormal Child Psychology, no. 37, vol. 3, pp: 349-361.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi offset.
Yuniardi, S. (2004).Psikologi Lintas Budaya. Malang, UMM: Press
Copyright (c) 2024 Alfredo Putut Prahoro, Minggus Salvina Masela Salvina Masela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Journal of Psikovidya (Jurnal Psikovidya) is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all areas of psychology.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply articles as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.

























