Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Dewasa
Abstract
Kehidupan hedonism pada jaman semakin modern dapat mengubah pola perilaku konsumtif yang terjadi di seluruh lapisan masyarakat yang menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian mengkaji pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif di daerah Karangbesuki Malang. Metode penelitian kuantitatif populasinya Rukun Warga 3 Karangbesuki, sampel penelitian 213 responden dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan skala perilaku konsumtif 21 aitem, Gaya Hidup Hedonis 23 aitem dengan skala likert, yang telah di uji validiaditas Produck Moment dan uji reliabiltas Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan nalisis regresi linear sederhana dengan hasil penelitian gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi variabel gaya hidup hedonisme sebesar 0,046. Menunjukkan bahwa semakin tinggi gaya hidup hedonisme maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif. Nilai R square 0,136 artinya gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh sebesar 13,6% terhadap perilaku konsumtif.
References
Andreapuspa, S., & Muhdiyanto. (2022). The Influence of Financial Knowledge and Lifestyle of Hedonism on Financial Management Behavior Through Locus of control as A Moderation Variable. In University Research Colloquium. Jurnal University Colloqium.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Dana, T.P. (2020). Sampling Methods in Research Design. In Headache (Vol. 60, Issue 1, pp. 8–12). https://doi.org/10.1111/head. 13707.
Dharmmesta, B. S., & Hani, H. (2002). Manajemen Pemasaran?: Analisis Perilaku Konsumen Edisi 2. BPFE.
Effendi, D. U. (2018). Psikologi Konsumen. In A. (ed.)). Rajawali Pers. (Ed.), Yayasan Administrasi Indonesia (p. 316).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Yogyakarta. In Universitas Diponegoro Yogyakarta (vol 8). BPFE Universitas Diponegoro.
Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 14(3), 1–16.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2021). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Deepublish (Erlangga).
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda[Canarium Indicum L.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological Meaning of Money dengan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Kota Malang. In Psychology Forum UMM (Vol. 8, Issue 1998, pp. 528–596). https://mpsi.umm.ac.id/files/file/582-596
Munandar, A. S. (2023). Psikologi Industri & Organisasi Psikologi Industri & Organisasi. UI Press.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2), 1-5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734/7880.
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta.
Otzen, T., & Manterola, C. (2017). Sampling techniqies on a population study. Int. J. Morphol. Int. J. Morphol, 35(1), 227–232.
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699.
Peter, J. P., & Jerry, O. (2015). Consumen Behavior and Marketing Strategy. MC Grawhill Company.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 103-110. DOI: 10.5281/zenodo.1410873.
Purnomo, H., & Ichsannudin. (2021). Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (p. 235). http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9511%0Ahttps://books.google.co.id/books/about?id=SMIqEAAA...
Ritonga, L. S., & Adiati, R. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 476–485. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34640.
Rizki Setiawan. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Terdampak Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang?: Pada Masyarakat Kampung Cinagasari Desa Pasirgintung Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak Banten. In PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi) (Vol. 3, Issue 2). Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi. https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3402.
Sebayang, J., Yusuf, M., & Priyatama, A. N. (2011). Hubungan Antara Body Image dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Siswi Kelas XI SMAN 7 Surakarta. Jurnal Psikologi Wacana, 3(6)(6), 5–41.
Sholeh, A. (2017). The Relationship among Hedonistic Lifestyle, Life Satisfaction, and Happiness on College Students. International Journal of Social Science and Humanity, 604–607. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.v7.892.
Solatikun., Drajat, T.K., Argyo, D. (2015) Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 60-74.
Susanto, A. B. (n.d.). Potret-Potret Gaya Hidup (2nd ed.). Kencana Prenada Media.
Susilawati, A. D., & Fr, D. A. (2018). Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs on-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal). In Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen (Vol. 1, Issue 2). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen,1(2. https://doi.org/10.25273/capital.v1i2.2321.
Utami, W. C. (2006). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat. Salemba Empat.
Wahyudi. (2013). Tinjauan tentang perilaku konsumtif remaja mall samarinda berdasarkan life style (gaya hidup). Sosiologi, 1(4), 26–36.
Wijaya, A. P. (2017). Pengaruh Hedonisme Dan Materialisme Terhadap Kecenderungan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(December 2015), 1–23.
Copyright (c) 2024 Muhammad Aldiansyah, Sudjiwanati Sudjiwanati, Nadiya Andromeda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Journal of Psikovidya (Jurnal Psikovidya) is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all areas of psychology.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply articles as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.

























