Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Dewasa

  • Muhammad Aldiansyah Universitas Wisnuwardhana
  • Sudjiwanati Sudjiwanati Universitas Wisnuwardhana
  • Nadiya Andromeda Universitas Wisnuwardhana
Keywords: Dewasa, Gaya Hidup Hedonisme, Perilaku Konsumtif

Abstract

Kehidupan hedonism pada jaman  semakin modern dapat mengubah pola perilaku konsumtif yang terjadi di seluruh lapisan masyarakat yang menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian  mengkaji pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif di daerah Karangbesuki Malang. Metode penelitian kuantitatif populasinya Rukun Warga  3 Karangbesuki, sampel penelitian  213 responden dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan  skala perilaku konsumtif 21 aitem, Gaya Hidup Hedonis 23 aitem dengan skala likert, yang telah di uji validiaditas Produck Moment dan uji reliabiltas  Alpha Cronbach. Uji hipotesis  menggunakan nalisis regresi linear sederhana dengan hasil penelitian   gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi variabel gaya hidup hedonisme sebesar 0,046. Menunjukkan bahwa  semakin tinggi gaya hidup hedonisme maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif. Nilai  R square 0,136 artinya gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh sebesar 13,6% terhadap perilaku konsumtif.

References

Afriyani, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Gaya Hidup Hedonismemahasiswa Universitas Binawan. In Humaniora. Jurnal International, Digital Dan Virtuous campus.
Andreapuspa, S., & Muhdiyanto. (2022). The Influence of Financial Knowledge and Lifestyle of Hedonism on Financial Management Behavior Through Locus of control as A Moderation Variable. In University Research Colloquium. Jurnal University Colloqium.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Dana, T.P. (2020). Sampling Methods in Research Design. In Headache (Vol. 60, Issue 1, pp. 8–12). https://doi.org/10.1111/head. 13707.
Dharmmesta, B. S., & Hani, H. (2002). Manajemen Pemasaran?: Analisis Perilaku Konsumen Edisi 2. BPFE.
Effendi, D. U. (2018). Psikologi Konsumen. In A. (ed.)). Rajawali Pers. (Ed.), Yayasan Administrasi Indonesia (p. 316).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Yogyakarta. In Universitas Diponegoro Yogyakarta (vol 8). BPFE Universitas Diponegoro.
Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 14(3), 1–16.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2021). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Deepublish (Erlangga).
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda[Canarium Indicum L.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological Meaning of Money dengan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Kota Malang. In Psychology Forum UMM (Vol. 8, Issue 1998, pp. 528–596). https://mpsi.umm.ac.id/files/file/582-596
Munandar, A. S. (2023). Psikologi Industri & Organisasi Psikologi Industri & Organisasi. UI Press.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2), 1-5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734/7880.
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta.
Otzen, T., & Manterola, C. (2017). Sampling techniqies on a population study. Int. J. Morphol. Int. J. Morphol, 35(1), 227–232.
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699.
Peter, J. P., & Jerry, O. (2015). Consumen Behavior and Marketing Strategy. MC Grawhill Company.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 103-110. DOI: 10.5281/zenodo.1410873.
Purnomo, H., & Ichsannudin. (2021). Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (p. 235). http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9511%0Ahttps://books.google.co.id/books/about?id=SMIqEAAA...
Ritonga, L. S., & Adiati, R. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 476–485. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34640.
Rizki Setiawan. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Terdampak Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang?: Pada Masyarakat Kampung Cinagasari Desa Pasirgintung Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak Banten. In PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi) (Vol. 3, Issue 2). Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi. https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3402.
Sebayang, J., Yusuf, M., & Priyatama, A. N. (2011). Hubungan Antara Body Image dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Siswi Kelas XI SMAN 7 Surakarta. Jurnal Psikologi Wacana, 3(6)(6), 5–41.
Sholeh, A. (2017). The Relationship among Hedonistic Lifestyle, Life Satisfaction, and Happiness on College Students. International Journal of Social Science and Humanity, 604–607. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.v7.892.
Solatikun., Drajat, T.K., Argyo, D. (2015) Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 60-74.
Susanto, A. B. (n.d.). Potret-Potret Gaya Hidup (2nd ed.). Kencana Prenada Media.
Susilawati, A. D., & Fr, D. A. (2018). Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs on-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal). In Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen (Vol. 1, Issue 2). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen,1(2. https://doi.org/10.25273/capital.v1i2.2321.
Utami, W. C. (2006). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat. Salemba Empat.
Wahyudi. (2013). Tinjauan tentang perilaku konsumtif remaja mall samarinda berdasarkan life style (gaya hidup). Sosiologi, 1(4), 26–36.
Wijaya, A. P. (2017). Pengaruh Hedonisme Dan Materialisme Terhadap Kecenderungan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(December 2015), 1–23.
Published
2024-12-30
How to Cite
Aldiansyah, M., Sudjiwanati, S., & Andromeda, N. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Dewasa. PSIKOVIDYA, 28(2), 55-67. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v28i2.289