Ketidakjujuran Akademik Pada Siswa SMP: Self Confidence dan Locus of Controls

  • Jauharatul Mardiyah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Suryani Suryani Program Studi Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: self confidence, locus of control, academic dishonesty

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh self confidence, locus of control terhadap academic dishonesty pada siswa SMP. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah self confidence scale (SCS), Internlity, Powerful Other and Chance Scale (IPC) dan academic dishonesty scale (ADS). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Jumlah sampel 344 siswa SMP di Sumenep Metode analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis linear berganda Hasil penelitian diperolehnilai Sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan self confidence dan locus of control berpengaruh terhadap terjadinya academic dishonesty.

Abstract. This study aims to see the effect of self-confidence, locus of control on academic dishonesty in junior high school students. The measuring instruments used in this study are self-confidence scale (SCS), Internlity, Powerful Other and Chance Scale (IPC) and academic dishonesty scale (ADS). The sampling technique uses probability sampling technique. The number of samples is 344 junior high school students in Sumenep. The data analysis method used for hypothesis testing is multiple linear analysis. The results of the study obtained a Sig. value of 0.000 <0.05. This shows that self-confidence and locus of control have an effect on the occurrence of academic dishonesty.

 

References

Artani, K. T. B., & Wetra, I. W. (2017). Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi, 7(2), 123–132.
Ariana, Y., & Satwika, P. A. (2022). Pendidikan Karakter dan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(2), 57–72.
Bintoro, W., Purwanto, E., & Noviyani, D. I. (2013). Hubungan Self Regulated Learning Dengan Kecurangan Akademik Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 65–72.
Dewi, T. K. (2022). Correlation Between Self Esteem And Accounting Study Program Student’s Learning Achievement. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 10(1), 31. https://doi.org/10.25157/je.v10i1.7476
Faradiena, F. (2018). Uji Validitas Alat Ukur Ketidakjujuran Akademik. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pen- Didikan Indonesia), 8(2), 88-104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 15408/jp3i.v8i2.13316
Kamboj, S., & Kohli, S. (2021). Role Of Achievement Goals And Locus Of Control In Academic Dishonesty Among Adolecents. Indian Journal of Health and Well Being, 12(2), 188–192.
Karabenick, S. A., & Srull, T. K. (1978). Effects of personality and situational variation in locus of control on cheating: Determinants of the “congruence effect.” Journal of Personality, 72–95. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.1978.tb00603.x
Marjanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa XII IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).
Melina, A., & Prasetyo, P. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Konformitas Kelompok Terhadap Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Jurnal Ekopendia, 2(1), 61–70.
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274
Prayogi, D. H. N., & Pertiwi, Y. W. (2021). Peran Moral Reasoning Terhadap Academic Dishonesty Mahasiswa Saat Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. April, 128–139.l, 128–139
Rahmawati, S., & Susilawati, D. (2019). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Dan Religuisitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(2), 269–290. https://doi.org/10.25105/jat.v5i2.4857
Rosyida, I. A., & Alim, M. N. (2020). Publikasi Ilmiah Dan Plagiarisme Dengan Locus Of Control Sebagai Moderasi. Journal of Management and Accounting, 5(1), 1–23.
Santrock, Johan W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. ERLANGGA
Stephens, J. M., Watson, P. W. S. t J Alansari, M., Lee, G., & Turnbull, S. M. (2021). (2021). Can online academic ?ntegrity ?nstruction affect university students’ perceptions of and engagement in academic dishonesty?? Results from a natural experiment in New Zealand. Front. Psychol, 12(February), . Front. Psychol, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.569133
Sumarmo, U. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. PT. Refika Aditama
Zubairi, A. (2023). Pengaruh Tekanan Akademik, Kesempatan Kecurangan Akademik Dan Rasionalisasi Kecurangan Akademik Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Soetomo Accounting Review, 1(3), 297–314
Published
2024-06-29
How to Cite
Mardiyah, J., & Suryani, S. (2024). Ketidakjujuran Akademik Pada Siswa SMP: Self Confidence dan Locus of Controls. PSIKOVIDYA, 28(1), 12-16. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v28i1.240
Section
Articles