Tipe Kepribadian Temperamen Dengan Kecemasan Akademik Mahasiswa Universitas “X†Malang Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan Tipe Kepribadian Temperamen dengan Kecemasan Akademik pada mahasiswa Universitas “X†Malang pada masa pandemic covid-19 dengan jumlah populasi 504 mahasiswa dengan sempel 205 mahasiswa. Data yang telah dikumpulkan menggunakan skala penelitian Kecemasan Akademik dan Kuisioner Tipe Kepribadian. Analisa data dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment Person dan menggunakan analisis deskriptif sederhana. Hipotesis diketahui nilai signifikansi (sig) sebesar 0,015 < 0,05, dengan taraf signifikan 95% sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang berarti bahwa “Ada Hubungan yang positif dan signifikan antara Tipe Kepribadian Dengan Kecemasan Akademik Mahasiswa Universitas “X†Malang Pada Masa Pandemi Covid-19â€
References
Akbar A. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Stikes Nani Hasanuddin Makassar Yang Sedang Menyusun Skripsi. Diakses pada 24 Desember 2015 pukul 11.00 WIB dari http://library.stikesnh.ac.id
Alam, M. J. F. 2017. Relation between academic anxiety and academic achievement among school students of murshidabad district. IJARIIE, 3(3), 3354–3357. Retrieved from https://pdf.sematicsholar.org.
Cara Menghitung Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Skripsi Kuantitatif dengan SPSS. Diakses dari http://devamelodica.com/cara-menghitung-uji-validitas-dan-uji-reliabilitas-instrumen-skripsi-kuantitatif-dengan-spss/.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8(1):77-84
DePote 2006. Tipe Kepribadian Temperamen. Bandung: PT Mizan Pustaka
Hernacki, Mike. 2010. Trik Menghitung dengan SPSS. Bandung: PT Mizan Pustaka
, 2011. Belajar SPSS. Terjemaahan oleh Abdurrahman. 2004. Bandung: Kaifa. Nilandari. 2014. Bandung: Kaifa.
Dunn, Rita. 2006. Learning Bobbi Deporter & Mike Hernacki.
Greene. 2006. Kecemasan Akademik Jakarta: BumiAksara.
Hurlock, Elizabeth B,. 1981. Masa remaja (adolescere). Jakarta: BumiAksara.
Nasution, S. 2010. Macam-macam Kecemasan Jakarta: BumiAksara.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Maramis WF. 2005. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya : Airlangga University press.
Estiafani, Listiara Anita. 2015. Jurnal : SELF-REGULATED LEARNING DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMK. Volum 4. https://13674-27722-1-SM%20(1).pdf
Fausiah, Fitri & Widuri, Juliati. 2005. Psikologi abnormal klinis dewasa. UI press
Istifa Hanny. 2011. Skripsi : Pengaruh Self Efficasy dan Kecemasan Akademis terhadap self regulation learning mahasiswa fakultas psikologi UIJ. https://HANNY%20ISHTIFA-FPS%20(1)%20kecemasan%20akademik.pdf
Jaenudin, U. 2012. Psikologi Kepribadian. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Koswara. 1991. Teori-teori-teori keribadian. Bandung. Pt eresco.
Littauer, Florence. 1996. Personality Plus. Binarupa aksara . Jakarta
Mohebi, S., Sharifirad, G. H. R., Shahsiah, M., Botlani, S., Matlabi, M., & Rezaeian, M. 2012. The effect of assertiveness training on student's academic anxiety. Original Article, 62(3). Retrieved from https:www.reseachgate.net/publication /228437479_The_effect_of_assertiven ess_training_on_student's_academic_anxiety.
Nasution Liza, Rola Fasti. 2012. Jurnal : Hubungan antara kecemasan akademik dengan akademic self menejement pada SMA kelas X unggulan http://file%20skripsi/Fasti-Rola-Kecemasan-Akademik-2012.pdf
Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Es 5 cet 18 Jakarta. Rajawali Pres.
Rahmi. 2013. Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi DIII Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD TA. 2011/2012 Volume 2 No 1. Diakses pada 23 Desember 2016 pukul 20.00 dari http://ejournal.uui.ac.id
Sadock BJ and Sadock VA. Kaplan dan Sadock Buku Ajar Psikiatri Klinis. 2 ed. Jakarta: EGC; 2010. 337-51.
Soebachman A. 2011. Seni Membaca Watak & IQ Manusia. Yogyakarta : IN AzNa Books
Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Kepribadian. (Cetakan ke-19). Jakarta: Rajawali Pers.
Suryabrata S. 2015. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers
Yudhawati, ratna & Haryanto, dany. 2011. Teori-teori dasar psikologi pedidikan. Prestasi pustaka Jakarta
Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT Remaja Rosdakarya Bandung
Wijanarko J. 2014. Hidup Maksimal. Banten : PT Happy Holy Kids
(Hartaji, 2012: 5). http://digilib.uinsby.ac.id/387/4/Bab%202.pdf
Open Access
Journal of Psikovidya (Jurnal Psikovidya) is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all areas of psychology.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply articles as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.

























