Menulis Puisi Untuk Mereduksi Stres Pada Remaja Di SMA X Kabupaten Malang

  • Sri Wiworo RIH Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Novi Husnatul Amalia Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Essha Paulina Kristianti Universitas Wisnuwardhana Malang
Keywords: Stres; Remaja; Menulis Puisi

Abstract

Masa remaja bagi kebanyakan orang adalah masa-masa yang indah serta menyenangkan, terlepas dari semua itu remaja adalah individu yang juga rentan terhadap stres. Remaja yang merupakan masa peralihan membuatnya harus lebih beradaptasi, pertumbuhan fisik, konflik teman sebaya dan tekanan dari berbagai tuntutan pada lingkungannya dapat membuat remaja menjadi stres. Tujuan penelitian ini untuk mereduksi stres remaja melalui kegiatan menulis puisi yang dilakukan di SMA X. Populasi pada penelitian ini berjumlah 211 orang dengan sampel 10 sesuai dengan kategori Purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa kuisoner Perceived Stress Scale 10 (PSS-10), worksheet dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen rancangan sederhana desain within-subject  dengan teknik kontrol counterbelancing. Analisa data menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dan menunjukkan penurunan tingkat stres pada sebelum dan sesudah menulis puisi karena nilai sig.2 tailed = 0,008< 0,05 Sehingga dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima, hasil rata-rata menunjukkan kegiatan menulis puisi menurunkan 4,2% tingkat stres pada remaja di SMA dikecamatan Jabung.

References

______ .2012. Terapi Puisi: Dasar-Dasar Penggunaan Puisi Sebagai Modalitas Dalam Psikoterapi. Surakarta:Fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Agustiani, Hendriati. 2018. Psikologi perkembangan: Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Refika.
Allen, J. D., Carter, K., & Pearson, M. 2019. Frangible Emotion Becomes Tangible Expression: Poetry as Therapy with Adolescents. 6.
Candra, I. Wayan., Gusti Ayu Harini, & I Nenggah Sumitra. 2017. Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Penerbit Andi..
Cohen, S., Janicki-Deverts, D., & Miller, G. E. 2007. Psychological Stress and Disease. JAMA, 298
Danarti, Nevy Kusuma., & Angga Sugiarto. 2018. Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Depresi, Cemas, Dan Stres Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Vol.01 No.01
Endraswara, Suwardi. 2006. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Pustaka Widyatama.
Handarini, Dany. M. 2016. Keefektifan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Humaniora.Vol. 4 No.2.
Hidayat, A. 2014. Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Uji Statistik. https://www.statistikian.com/2014/ Tutorial-uji-wilcoxon-signed-rank- test.html
Hurlock, E. B.1990. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta.
Jabarouti, R., Shariat, A., & Shariat, A. 2014. Effect of Persian classic poetry on the level of stress hormone in retired academicians. Journal of Poetry Therapy
Karyanta, Nugraha Alif. 2012. Komponen Praktek Dalam Terapi Puisi. Surakarta:Fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Kemala, Intan Nurul, Moch Dimyati, & Dede Rahmat Hidayat. 2015. Pengaruh Terapi Menulis Puisi Terhadap Harga Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling.
Kristanto, Andreas Agung, dkk. 2019. Puisi Sebagai Media Mengurangi InferiorityFeeling. Psikostudia : Jurnal Psikologi. Vol 5. No.2.
Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The Eustress Concept: Problems and Outlooks.
Lestari, Myrna Apriany, & Marlina Elyanti. 2014. Efektivitas Penggunaan Teknik Menulis Ekspresif dalam Mereduksi Stres Siswa Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 01 Edisi:1.
Mazza, Nicholas. 2003. Poetry Therapy: Theory and Practice. Psychology Press.
Minderop, A. 2013. Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Pustaka Obor.
Nevid, Jeffery. S., Spencer A. Rathus, & Beverly S. 2014. Abnormal Psychology in a Changing World. Pearson: 9th Edition.
Ratnawati, Diah & Ismi Diah Astari. 2019. Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Berpacaran Pada Remaja Di SMA X Cawang Jakarta Timur. Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol. 13. No.1.
Rice, F. Philip. & Kim Dolgin Gale. 2008. The Adolescent: Development, Relationships, and Culture. Pennsylvania State University: Allyn and Bacon. Edisi 12.
Saputra, Wahyu Aji. 2018. Karya dan Ekspresi Manusia. www.hipwee.com
Sarafino, E. P. 2008. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Seventh Edition.
Sheri, Mikayla Mclntyre. 2017. Effects Of Song And Poetry Writing On Stress Relief. the Honors College of Texas State University.
Ubudiyah, F. 2016. Terapi Puisi Sebagai Reduksi Depresi (Studi Eksperimen tentang Terapi Puisi sebagai Intervensi Mengatasi Depresi pada Mahasiswa). Jurnal Ilmiah Mahasiswa RaushanFikr, https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2
Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Kanwa publisher.
Yurisaldi, Arman Saleh. 2018. Neuro- Poetry. Jakarta: Hikaru Publishing.
Published
2022-02-12
How to Cite
RIH, S. W., Amalia, N., & Kristianti, E. (2022). Menulis Puisi Untuk Mereduksi Stres Pada Remaja Di SMA X Kabupaten Malang. PSIKOVIDYA, 25(2), 63-73. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v25i2.188