Pengaruh Culture Shock dan Penghargaan Diri (Self Esteem) Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Sumba di Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang

  • Minggus Salvina Masela Universitas Wisnuwardhana Malang
Keywords: Penyesuaian Diri, Culture Shock, Penghargaan Diri (Self Esteem)

Abstract

Abstrak. Bukan hal yang mengherankan lagi jika mahasiswa di Indonesia juga lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang berada di luar daerah atau biasa disebut sebagai mahasiswa perantau. Mahasiswa perantau juga banyak didapati di Universitas Wisnuwardhana Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara culture shock dan penghargaan diri (self esteem) terhadap penyesuaian diri. Subyek penelitian ini adalah 100 mahasiswa Sumba Fakultas Psikologi Unidha Malang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala culture shock, skala penghargaan diri (self esteem) dan skala penyesuaian diri yang disusun oleh peneliti. Hipotesis dianalisa dengan program SPSS 21. Hasilnya menunjukkan bahwa culture shock dan penghargaan diri (self esteem) berpengaruh secara signifikan terhadap penyesuaian diri di mana nilai F sebesar 0, 108 pada nilai p sebesar 0,000 (p > 0,01). Koefisien determinasi sebesar 97, sehingga hal ini berarti kedua variabel bebas (culture shock dan penghargaan diri (self esteem) memberikan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 97% kepada variabel terikat (penyesuaian diri). Prosentase determinasi menunjukkan bahwa penghargaan diri (self esteem) lebih memberikan sumbangan efektif (0,146%) daripada culture shock sebesar (-.456%).

Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Culture Shock, Penghargaan Diri (Self Esteem).

Abstract. It is not surprising anymore that students in Indonesia also prefer to continue their education at universities located outside the region or commonly referred to as overseas students. There are also many overseas students at Wisnuwardhana University, Malang. This study aims to determine the relationship between culture shock and self-esteem on self-adjustment. The subjects of this study were 100 Sumba students, Faculty of Psychology, Unidha Malang. The data of this study were collected using a culture shock scale, a self-esteem scale and a self-adjustment scale compiled by the researcher. The hypothesis was analyzed using the SPSS 21 program. The results showed that culture shock and self-esteem had a significant effect on self-adjustment where the F value was 0.18 at a p-value of 0.000 (p > 0.01). The coefficient of determination is 97, so this means that the two independent variables (culture shock and self-esteem) make an effective contribution of 97% together to the dependent variable (self-adjustment).The percentage of determination shows that self-esteem (self-esteem) more effective contribution (0.146%) than culture shock (-.456%).

Keywords: Self Adjustment, Culture Shock, Self Esteem.

References

Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi perkembangan : Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: PT Refika Adiatama.
Ahkam, M.A. (2004). Hubungan antara efikasi diri dan religiusitas dengan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Andani, D. (2017). Penyesuaian Diri Mahasiswa Terhadap Culture Shock (Studi
Astrid, S. A. O., & Kustanti, R. E. (2018). Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Bersuku Minang Di Universitas Diponegoro. (Jurnal Empati). 7 (2):48-65.
Azwar, S. (2019). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chairunisa, M. (2012). Perbedaan penyesuaian diri terhadap perubahan fisik wanita dewasa madya bekerja dengan tidak bekerja. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Devinta, M. (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) pada Mahasiswa Perantauan di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Djuwarijah, D. (2015). Hubungan antara tingkat religiusitas dengan penyesuaian diri mahasiswa FIAI angkatan 2002/2003 tahun pertama. Jurnal Fenomena, 3(2). 110-118.
Fadhillah, A., Taqwaddin, & Anisah, N. (2017). Adaptasi Mahasiswa Pattani di Banda Aceh dalam Upaya Menghadapi Culture Shock (Studi pada Komunikasi Antar Budaya). (Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. 1(1): 1-14). Banda Aceh.
Fadilla, A. D. (2017). Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Asing di Universitas Airlangga. (Jurnal Libri-Net), 6 (4):27-28.
Furnham, A. (2010). Culture shock: Literature review, personal statement and relevance for the south pacific. Journal of Pasific RIM Psychology, 4(2), 8794.
Hadawiah. (2019). Fenomena (gegar budaya) pada mahasiswa perantauan di universitas muslim indonesia. Al-Munzir, 12(1), 149164.
Hafiz, S. E., Nauly, M., Fauzia, R., Pitaloka, A., & Takwin, B. (2018). Psikologi Sosial: Pengantar dalam Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba
Handayani, P. G., & Yuca, V. (2018). Fenomena culture shock pada mahasiswa perantauan tingkat 1 universitas negeri padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 198204.
Hapsari, R., M. (2006). Sumbangan Perilaku Asertif Terhadap Harga Diri Pada Remaja. Jurnal pshyce, 5, 4-13.
Helviana, M. (2017). Hubungan Antara Culture Shock dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau di Daerah Yogyakarta (Studi pada Mahasiswa Kabupaten Pelalawan). (Skripsi Thesis). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Humanika. Hanafie, S. R. D. R. (2016). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: Andi.
Hutahaen, Bona, S., H. (2019). Pelatihan untuk meningkatkan self-esteem pada mahasiswa Universitas Indonesia yang mengalami distress psikologi. Tesis. Program Studi Psikologi. Universitas Indonesia.
Kapikiran, S. (2013). Loneliness and life satisfaction in Turkish early adolescent : The mediating role of self esteem and social support. Social Indicators Research, 111(2), 617-632.
Lingga, R., W., W. & Tuapattinaja, J., M. (2012). Gambaran Virtue Mahasiswa Perantau. Predicara, 1(2).
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2017). Studi pola penyesuaian diri mahasiswa luar jawa di universitas tribhuwana tunggadewi malang. SenasPro, 796803.
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2018). Hubungan antara culture shock dengan hasil belajar mahasiswa tahun pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 4(2), 105113.
Mohammadi, E., dkk. (2020). Evaluation the Relation between Selfesteem and Social Adjustment Dimensions in High School Female Student in Iran (Case Study: Isfahan, 2013-14
Niam, K. E. (2021). Koping Terhadap Stres Pada Mahasiswa Luar Jawa Yang Mengalami Culture Shock. (Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi). Surakarta: 11 (1): 69-77.
Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistik Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Thesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Oberg, K. (1960). Culture shock: Adjustment to new cultural environments. Practical Anthropology, 7(4), 177182.
Orth, Ulrich & Robins, R., W. (2020). Understanding the llink between low self-esteem and depression. Current Directions in Psychology Science, 22(6), 455-460.
Orth, dkk. ((2019). The Development of Self-esteem. Current Directions in Psychology Science, 23(5), 381-387.
Pasha, H., S. & Munaf, S., (2019). Relationship of self-esteem and adjustment in traditional university students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 94-1004.
Pramudiana, D. I., & Setyorini, D. T. (2019). Hubungan Antara Gegar Budaya dengan Penyesuaian Sosial Siswa Papua di Magelang. (Jurnal Praxis) 1(2).
Putrid, A., D. (2011). Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja awal. Program studi Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Rigers, S., dkk. (2021). Low self-esteem prospectively predicts depression in the transition to young adulthood: A replication of Orth, Robins,
Roberts (2019). Journal of personality and social psychology. 110(1), e16-e22.
Salmah, I. (2016). Culture shock dan strategi coping pada mahasiswa asing program darmasiswa (studi kasus pada mahasiswa asing program darmasiswa samarinda).
Schmitt, D., P. & Allik, J. (2019). Simultaneus Administration of the Rosenberg Self-esteem Scalein 53 Nation: Exploring the Universal and Culture-Specific Features of Global harga diri. Journal of Personality and Social Psychology, 89(4), 623.
Shanda, T., Hartati, S. & Fauziah, N. (2020). Hubungan antara self-esteem dengan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama sma Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi, 1(1), 47-82.
Siregar, A., & Kustanti, E. (2018). Hubungan antara kecerdasan spiritual dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di fakultas sains dan matematika di undip. Jurnal Empati, 7(2), 4865.
Suardi. (2015). Culture Shock (Analisis Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru Di Kota Makassar).
Ward, C., Bochner, S., & Furnham, A. (2020). The Psychology of Culture Shock. London: Routledge.
Wardhani, M., D. (2019). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Wijaya, N. (2007). Hubungan Antara Keyakinan Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pengudi Luhur Van Lith Muntilan. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.
Published
2024-01-03
How to Cite
Masela, M. (2024). Pengaruh Culture Shock dan Penghargaan Diri (Self Esteem) Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Sumba di Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. PSIKOVIDYA, 27(2), 63-70. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v27i2.227