Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Sikap Disiplin Siswa

  • Ade Asrina Rivai Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tri Dayakisni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Putri Saraswati Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan tata tertib sekolah dengan sikap disiplin siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian yaitu siswa MTsN 3 Banjarmasin sebanyak 263 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan tata tertib sekolah dengan sikap disiplin siswa (p = 0.000 < 0.05, r = 0.637) dengan kontribusi persepsi siswa terhadap sikap disiplin siswa sebesar 40.6%. Artinya, semakin siswa memiliki persepsi yang positif terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah, maka akan semakin baik pula sikap disiplin siswa di sekolah.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Sikap Disiplin Siswa, Tata Tertib Sekolah

 

Published
2018-10-02
How to Cite
Rivai, A., Dayakisni, T., & Saraswati, P. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Sikap Disiplin Siswa. PSIKOVIDYA, 22(1), 20-45. Retrieved from http://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/99
Section
Articles