Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

  • Windarini Cahyadiana Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia
  • Anita Anita Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia
Keywords: Motivasi ; Kemandirian Belajar ; Prestasi Akademik.

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi dan kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, baik pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan responden mahasiswa STIKI Malang. Data yang diolah, merupakan data yang diperoleh melalui pengisian angket yang dilakukan secara online kepada mahasiswa STIKI Malang, serta melalui pengamatan terhadap mahasiswa STIKI Malang selama proses pembelajaran. Dari data yang diperoleh, kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji signifikansi, dan uji asumsi klasik, serta uji heteroskedastisitas. Dari hasil penelitian diketahui, secara simultan, motivasi dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa.

Abstract. The purpose of this research is to determine wether motivation and learning independence have a significant effect on student academic achievement, either partially or simultaneously. The research was conducted using STIKI Malang student respondent. Processed data is obtained through filling out online questionnaires to STIKI Malang students, as well as through observations of STIKI Malang students during the learning prosess. Then the data obtained, processed and tested using the validity, reliability, significance, classical assumption test, and heteroscedasticity test. From the research result it is known that simultaneously, learning motivation and learning independence have a siginificant effect on student academic achievement.

 

References

Azwar, Saifuddin. 2002. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. DOI:https://doi.org/10.12345/jikp.v8i02.139
Eko Adi Widyanto, Ratna Wulaningrum, Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua Dan Motivasi Lingkungan Belajat Terhadap Prestasi Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda). SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2017 ISBN: 978-602-51450-0-1
Elis Mediawati. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN Vol. V, No. 2, Desember 2010 Hal. 134 – 146
Goleman, D. (2019). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.
Kasali, R. (2017). Straberry Generation. Jakarta: Mizan.
Kasali, R. (2019). Self Driving. Jakarta: Mizan.
Kresentia Martina Jessica Lingi Ruron, Arief Sadjiarto. Perbedaan Tingkat Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Yang Tinggal di Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Kost. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 23 No. 1,Februari Tahun 2020 http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia p-ISSN 0126-4109; e-ISSN 2549-6670
Purwanto N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ruron, K. M., & Sadjiarto, A. (2020). Perbedaan Tingkat Kemandirian Belajar pada mahasiswa yang Tinggal di lingkungan keluarga dan lingkungan kost. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 23 No 1, 48-54.
Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sriargianti Amir. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik
Syah. M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yulianti, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia Vol. 3 No. 1, 142-149.
Published
2023-07-01
How to Cite
Cahyadiana, W., & Anita, A. (2023). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. PSIKOVIDYA, 27(1), 8-11. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v27i1.218
Section
Articles