Analisis Status Motivasi Belajar Siswa SMK Darul Hikam Bantur Selama Pandemi Covid 19 Dengan Menggunakan Metode Distance Learning

  • Hesti Setyodyah Lestari Andia Kusuma
  • Maria Diana
  • Andia Kusuma Damayanti
Keywords: andiakusuma@wisnuwardhana.ac.id

Abstract

Munculnya endemi virus covid-19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan, terutama di aspek pendidikan. Pemerintah membentuk kebijakan ihwal penyelenggaraan belajar dari rumah. Pembelajaran yg mulanya dilakukan di pada kelas sekarang harus dilakukan secara impian pada tempat tinggal  masing masing. sebagai akibatnya pembelajaran jeda jauh diklaim lebih efektif dan  efisien untuk keadaan pandemi ketika ini. menggunakan keadaan tersebut motivasi belajar peserta didik sangat diharapkan buat proses kegiatan belajar pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui bagaimana taraf motivasi belajar siswa selama pembelajaran jeda jauh. Penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif naratif. Instrumen yg dipergunakan ialah angket pembelajaran jeda jauh serta motivasi belajar menggunakan masing masing 13 butir pernyataan. Populasi pada penelitian ini artinya seluruh peserta didik SMK Darul Hikam yang berjumlah 72 peserta didik. Populasi tadi juga sekaligus dijadikan sampel semua dalam penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memakai metode angket, observasi dan  studi kepustakaan. Sedangkan buat analisis uji data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS v.22. Adapun uji analisis data yg dilakukan merupakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan  analisis statistic deskiptif. Akibat penelitian memberikan tingkat motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Darul Hikam selama mengikuti pembelajaran jeda jauh berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 37,5% berasal jumlah 72 peserta didik.

kata  kunci : motivasi belajar; pembelajaran jarak jauh.

Published
2022-12-30
How to Cite
Lestari, H., Diana, M., & Damayanti, A. (2022). Analisis Status Motivasi Belajar Siswa SMK Darul Hikam Bantur Selama Pandemi Covid 19 Dengan Menggunakan Metode Distance Learning. PSIKOVIDYA, 26(2), 50-54. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v26i2.205
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)