Analisis Status Motivasi Belajar Siswa SMK Darul Hikam Bantur Selama Pandemi Covid 19 Dengan Menggunakan Metode Distance Learning
Abstract
Munculnya endemi virus covid-19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan, terutama di aspek pendidikan. Pemerintah membentuk kebijakan ihwal penyelenggaraan belajar dari rumah. Pembelajaran yg mulanya dilakukan di pada kelas sekarang harus dilakukan secara impian pada tempat tinggal masing masing. sebagai akibatnya pembelajaran jeda jauh diklaim lebih efektif dan efisien untuk keadaan pandemi ketika ini. menggunakan keadaan tersebut motivasi belajar peserta didik sangat diharapkan buat proses kegiatan belajar pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui bagaimana taraf motivasi belajar siswa selama pembelajaran jeda jauh. Penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif naratif. Instrumen yg dipergunakan ialah angket pembelajaran jeda jauh serta motivasi belajar menggunakan masing masing 13 butir pernyataan. Populasi pada penelitian ini artinya seluruh peserta didik SMK Darul Hikam yang berjumlah 72 peserta didik. Populasi tadi juga sekaligus dijadikan sampel semua dalam penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memakai metode angket, observasi dan studi kepustakaan. Sedangkan buat analisis uji data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS v.22. Adapun uji analisis data yg dilakukan merupakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan analisis statistic deskiptif. Akibat penelitian memberikan tingkat motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah kejuruan Darul Hikam selama mengikuti pembelajaran jeda jauh berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 37,5% berasal jumlah 72 peserta didik.
kata kunci : motivasi belajar; pembelajaran jarak jauh.
Copyright (c) 2022 PSIKOVIDYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
Journal of Psikovidya (Jurnal Psikovidya) is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all areas of psychology.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply articles as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.