Informasi, Agresivitas, dan Kebahagiaan Mahasiswa Terhadap Perilaku Inovasi Di Masa Pandemi Covid 19

  • Sudjiwanati Sudjiwanati Wisnuwardhana University
  • Nindita Pinastikasari RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Keywords: Informasi, Agresivitas, Kebahagiaan, Inovasi, Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agresivitas dan informasi terhadap kebahagiaan siswa pada inovasi siswa SMA selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian adalah 71 siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengaruh agresivitas dan informasi terhadap kebahagiaan siswa berdampak pada inovasi yang dilakukan siswa. Hasil pengujian hipotesis informasi, agresivitas, dan kebahagiaan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi pada siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inovasi mahasiswa di masa pandemi tidak ditentukan oleh informasi, agresivitas dan kebahagiaan yang dirasakan mahasiswa.

References

Ahsan, M. (2015). Agresivitas Fisik, Verbal, Amarah dan Permusuhan pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas. Jurnal Internasional Pendidikan Olahraga dan Jasmani, 1(2), 20–23.
Armenta, CN, Fritz, MM, & Lyubomirsky, S. (2017). Fungsi Emosi Positif: Syukur sebagai Motivator Perbaikan Diri dan Perubahan Positif. Tinjauan Emosi, 9(3), 183–190. https://doi.org/10.1177/1754073916669596
Bronk, KC, Hill, PL, Lapsley, DK, Talib, TL, & Finch, H. (2009). Tujuan, harapan, dan kepuasan hidup pada tiga kelompok umur. Jurnal Psikologi Positif, 4(6), 500–510. https://doi.org/10.1080/17439760903271439
Chester, DS (2017). Peran Pengaruh Positif dalam Agresi. Arah Saat Ini dalam Ilmu Psikologi, 26(4), 366–370. https://doi.org/10.1177/0963721417700457
Colman, A. (2015). Kamus Psikologi.
Cooper, J. (1998). Pendekatan Multidimensi untuk Adopsi Inovasi. Keputusan Manajemen, 36, 493-502. https://doi.org/10.1108/00251749810232565
Dogan, U. (2016). Pengaruh penggunaan jejaring sosial pada kebahagiaan, kesejahteraan psikologis, dan kepuasan hidup siswa sekolah menengah: Kasus facebook dan twitter. Egitim ve Bilim, 41(183), 217–231. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4616
Gopalakrishnan, S., & Damanpour, F. (1997). Tinjauan penelitian inovasi di bidang ekonomi, sosiologi dan manajemen teknologi. Omega, 25(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0305-0483(96)00043-6
Haar, J., Schmitz, A., Di Fabio, A., & Daellenbach, U. (2019). Peran hubungan di tempat kerja dan kebahagiaan: Sebuah studi mediasi yang dimoderasi oleh manajer Selandia Baru. Keberlanjutan (Swiss), 11(12). https://doi.org/10.3390/SU11123443
Ishaq, G. (2015). Memprediksi Pengaruh Agresi dan Permusuhan Terhadap Kebahagiaan Mahasiswa Ditinjau dari Gender dan Sistem Keluarga.
Kogabayev, T., & Maziliauskas, A. (2017). Pengertian dan klasifikasi inovasi. HOLISTICA – Jurnal Bisnis dan Administrasi Publik, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.1515/hjbpa-2017-0005
Kontoangelos, K., Economou, M., & Papageorgiou, C. (2020). Efek kesehatan mental dari pandemi COVID-19: Tinjauan sifat klinis dan psikologis. Investigasi Psikiatri, 17(6), 491–505. https://doi.org/10.30773/pi.2020.0161
Kotsemir, MN, & Abroskin, A. (2013). Konsep dan Tipologi Inovasi – Diskusi Evolusioner. Dalam Jurnal Elektronik SSRN (WP BRP 05/STI/2013; ILMU, TEKNOLOGI DAN INOVASI). https://doi.org/10.2139/ssrn.2221299
Kovacs, H. (2017). Pembelajaran dan Pengajaran dalam Inovasi: mengapa penting bagi pendidikan di abad ke-21. Neveléstudomány, 5(2), 45–60. https://doi.org/10.21549/ntny.18.2017.2.4
Kwartolo, Y. (2007). Mengimplementasikan KTSP dengan Pembelajaran Partisipatif dan Tematik Menuju Sukacita dalam Belajar (Joy in Learning). Jurnal Pendidikan Penabur, 06(09), 66–80. https://www.researchgate.net/publication/238707286_Mengimplementasikan_KTSP_dengan_Pembelajaran_Partisipatif_dan_Tematik_Menuju_Sukacita_dalam_Belajar_Joy_in_Learning
Liang, L., Ren, H., Cao, R., Hu, Y., Qin, Z., Li, C., & Mei, S. (2020). Pengaruh COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Remaja. Kuartal Psikiatri, 91. https://doi.org/10.1007/s11126-020-09744-3
Liu, J. (2004). Analisis konsep: Agresi. Masalah dalam Perawatan Kesehatan Mental, 25(7), 693-714. https://doi.org/10.1080/01612840490486755
Medinnus, G. ., & Johnson, R. . (1976). Psikologi Anak & Remaja, Edisi ke-2 (Edisi ke-2). John Wiley & Sons.
Morgan, CT (1989). Pengantar psikologi.3rd Edition. McGraw-Hill.
Nemati, S., & Maralani, FM (2016). Hubungan antara Kepuasan Hidup dan Kebahagiaan: Peran Mediasi Ketahanan. Jurnal Internasional Studi Psikologi, 8(3), 194. https://doi.org/10.5539/ijps.v8n3p194
Pelechano, V., González-leandro, P., García, L., & Morán, C. (2013). Apakah mungkin untuk terlalu bahagia? Kebahagiaan, kepribadian, dan psikopatologi. 18–24.
Roffeei, SHM, Kamarulzaman, Y., & Yusop, FD (2017). Menanamkan perilaku inovatif di kalangan siswa: Penentu budaya inovasi di pendidikan tinggi Malaysia. Jurnal Manajemen Pendidikan Online Malaysia, 5(4), 1–17. https://doi.org/10.22452/mojem.vol5no4.1
Saphire-Bernstein, S. (2013). Tutup Hubungan dan Kebahagiaan. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199557257.013.0060
Sutanta, E. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Urabe, K. (1988). Inovasi dan Manajemen: Perbandingan Internasional. Walter De Gruyter.
Woolliscroft, JO (2020). Inovasi dalam Menanggapi Krisis Pandemi COVID-19. Kedokteran Akademik, 95(8).
Zawadzka, AM, & Szabowska-Walaszczyk, A. (2014). Apakah perbaikan diri menjelaskan kesejahteraan dalam hidup dan di tempat kerja? Analisis berdasarkan ukuran kesejahteraan yang dipilih. Buletin Psikologis Polandia, 45(2), 134–141. https://doi.org/10.2478/ppb-2014-0018
Published
2022-12-31
How to Cite
Sudjiwanati, S., & Pinastikasari, N. (2022). Informasi, Agresivitas, dan Kebahagiaan Mahasiswa Terhadap Perilaku Inovasi Di Masa Pandemi Covid 19. PSIKOVIDYA, 26(2), 55-60. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v26i2.189
Section
Articles