KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TINGKAT INTELIGENSI DAN JENIS KELAMIN

  • Andia Kusuma Damayanti Fakultas Psikologi, Universitas Wisnuwardhana
  • Rachmawati Rachmawati Fakultas Psikologi, Universitas Wisnuwardhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesa perbedaan kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari tingkat inteligensi dan jenis kelamin.Subjek penelitian siswa TK Al – Jabbar dan TKIT Robbani di Malang sejumlah 76 dengan metode purposive random sampling. Kesiapan bersekolah menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST), tingkat inteligensi dengan tes kecerdasan yaitu WISC (Wechler Intelegence Scale for Children) serta Jenis Kelamin diambil dari data siswa.Hasil olah statistik dari data penelitian menunjukkan nilai chi-square Hitung 58,106 > chi-square Tabel 5,991,bahwa ada perbedaan rata-rata kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari tingkat kecerdasan dan jenis kelamin.Data penelitian ini dianalisis dengan teknik teknik uji Friedman Test.

 Kata kunci : NST; WISC; Tingkat Kecerdasan, Jenis Kelamin

Published
2019-04-10
How to Cite
Damayanti, A., & Rachmawati, R. (2019). KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TINGKAT INTELIGENSI DAN JENIS KELAMIN. PSIKOVIDYA, 23(1), 108-137. Retrieved from http://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/130
Section
Articles