Hubungan Soft Skills dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

  • Azis Abdullah Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Rachmawati Widyantoro Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara soft skill dengan prokrastinasi akademik. Memahami soft skill seseorang adalah keterampilan dalam berurusan dengan orang lain (keterampilan interpersonal) dan keterampilan pengaturan diri (keterampilan interpersonal) yang dapat mengembangkan kinerja maksimum. Sedangkan Prokrastinasi akademik adalah kegagalan siswa dalam melakukan tugas akademik yang berbentuk kecenderungan bertindak untuk menunda dimulainya tugas atau menyelesaikan tugas yang menghambat kinerja. Objek penelitian adalah mahasiswa semester empat Universitas Wisnuwardhana Malang yang berjumlah 85 orang. Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala soft skills dan skala prokrastinasi. Data dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan analisis regresi dan teknik analisis korelasi parsial. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan ada korelasi antara soft skill dengan prokrastinasi sehingga semakin tinggi kemampuan soft skill, maka semakin rendah prokrastinasi siswa.

Kata Kunci: Soft Skill, Prokrastinasi

Published
2018-04-03
How to Cite
Abdullah, A., & Widyantoro, R. (2018). Hubungan Soft Skills dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. PSIKOVIDYA, 22(1), 69-87. Retrieved from http://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/104
Section
Articles